Karakteristik Bulir Padi Medium Dough Stage

Pada tahap gabah setengah matang atau Medium dough, isi gabah yang menyerupai susu berubah menjadi gumpalan lunak dan akhirnya mengeras. Gabah pada malai mulai menguning. Pelayuan (sanescense) dari anakan dan daun di bagian dasar tanaman nampak semakin jelas. Pertanaman kelihatan menguning, seiring menguningnya malai ujung dua daun terkahir pada setiap anakan mulai mengering.
bulir padi

Komposisi bulir padi varietas Cilamaya Muncul terendam banjir pada usia 90 hari antara lain adalah sebagai berikut : kadar air 38,7%, pati 49,23%, amilopektin 22,38%, amilosa 81,33%, dan protein 11,55% sedangkan komposisi bulir padi Cilamaya Muncul terendam banjir pada usia 120 hari (panen) adalah sebagai berikut : kadar air 12,6%, pati 79,74%, amilopektin 27,84%, amilosa 80,34%, dan protein 17,82%.

Berdasarkan karakteristik fisik bulir padi pada fase medium dough berukuran lebih kecil dari pada padi pada usia siap pane (120 hari) berwarna putih susu dan tekstur rapuh sehingga bila di giling dalam keadaan segar rendemen akan sedikit dan kualitas beras yang dihasilkan lebih buruk dari pada padi siap panen.